Halaman

Kamis, 14 Februari 2013

Irriducibili Lazio = Perusuh dan Rasis ?


Irriducibili Lazio = Perusuh dan Rasis ?

 

Secara umum kata Ultras bermakna sangat, lebih atau di atas normal. Dalam dunia sepakbola, Ultras merujuk pada kelompok-kelompok terorganisasi pendukung suatu tim sepakbola yang sangat menonjol dalam hal loyalitas, fanatisme dan bentuk dukungannya. Ke-ultras-an suatu kelompok suporter dapat dilihat dari komitmen dan loyalitasnya kepada kesebelasan klub... yang didukungnya. Wujudnya berupa spanduk, nyanyian, yell, gerakan tubuh dan peragaan lainnya saat pertandingan, yang bertujuan mengangkat semangat tim yang didukung dan menjatuhkan mental tim lawan dan pendukungnya. Sejarah terbentuknya kelompok suporter ultras ini tidak begitu jelas, masing-masing kelompok selalu menganggap dirinya sebagai yang pertama. Yang tercatat dalam sejarah, kelompok suporter ultras ini pertama di dunia terbentuk di Brasil tahun 1939 lewat kelompok Torcida Organizada (torcida = ultras) untuk mendukung timnas mereka. Tahun 1950, terinspirasi oleh Brasil, terbentuk kelompok ultras pertama di Eropa, Torcida Split yang mendukung klub Hajduk Split. Kelompok ultras pertama di Italia adalah Fedelissimi Granata, tahun 1951, pendukung klub Torino. Akhir 1960-an kelompok pendukung ultras mulai meluas di Italia ditandai dengan terbentuknya Fossa dei Leoni (AC Milan) pada tahun 1968 dan Boys Le Furie Nerazzurre/Boys LFN (Internazionale) tahun 1969. Sepuluh tahun kemudian, Boys LFN berganti nama menjadi Boys SAN (Boys Squadra d'Azione Nerazzurra yang berarti Boys Black & Blue Action Squad).

Di kalangan Laziali, terbentuk kelompok ultras pertama, Commandos Monteverde Lazio (CML) tahun 1971 dan Gruppi Associati Bianco Azzuri (GABA) tahun 1976, yang akhirnya melebur menjadi Eagles Supporters pada tahun 1977 dan menandai Curva Nord Olimpico sebagai tempatnya. Tahun 1987 terbentuklah kelompok ultras paling fenomenal di Italia, Irriducibili Lazio.

rriducibili Lazio yang disebutnya sebagai kelompok ultras, garis keras, rasis dan pembuat keonaran. Menghindari Irriducibili Lazio berarti menghindari Lazio, karena Irriducibili Lazio adalah kelompok ultras terbesar Lazio, yang meliputi hampir keseluruhan Laziali.

Irriducibili dan Politik
Basis pendukung suatu klub erat kaitannya dengan politik, setidaknya pada saat didirikan. Kelompok ultras terbesar pendukung Lazio (Irriducibili Lazio) dan Inter (Boys SAN) misalnya, jelas berhaluan politik kanan (konservatif, kapitalis, religius, pro-demokrasi) karena memang dari awal Lazio dan Inter didirikan dan didukung oleh kelompok kanan. Sebaliknya, Ultras Roma (AS Roma) dan Fossa dei Leoni (AC Milan) jelas berhaluan kiri (bebas nilai, kelas pekerja, non-religius, fasis-sosialis) karena memang AS Roma dan AC Milan saat berdiri didukung kelompok kiri. Era 70 dan 80-an aroma politisasi kelompok-kelompok suporter ultras sangat kental. Mulai tahun 1990-an kelompok-kelompok ini sedikit demi sedikit melepaskan diri dari dunia politik dan lebih memilih sikap independent, baik terhadap politik maupun manajemen klub. Kelompok ultras hanya mendapatkan kemudahan dari manajemen klub berupa kepastian kuota tiket, penyediaan gudang penyimpanan atribut dan kesempatan masuk stadion lebih awal untuk menyiapkan atribut dukungan.

Kelompok Ultras dan Rasisme

Beberapa kelompok ultras memang kerap melakukan aksi rasisme. Kelompok VIKING di Lazio dan Irriducibili Inter tercatat beberapa kali melakukannya. VIKING pernah menggelar spanduk bertuliskan kata-kata anti Yahudi saat Derby della Capitale (AS Roma memang didukung oleh kelompok usahawan dan suporter Yahudi). Irriducibili Inter pun tercatat beberapa kali melakukan pelecehan terhadap pemain berkulit hitam AC Milan saat Derby della Madoninna. Kedua kelompok ultras ini kerap memasang lambang swastika (lambing Hitler) di spanduknya. Tetapi rasisme ini dilakukan oleh kelompok-kelompok ultras kecil dan justru ditentang oleh kelompok ultras yang mendominasi. Irruducibili Lazio? Salah besar jika menuduh mereka rasis. Di Italia terbentuk suatu gerakan Antifa Ultras, suatu konsorsium ultras yang menentang rasisme dan fasisme dalam sepakbola. Konsorsium Antifa Ultras ini didirikan tahun 1999 oleh tiga kelompok ultras: Irriducibili Lazio, Boys SAN Inter dan Boys sez Roma (Boys sez Roma ini adalah ultras Inter, bukan ultras AS Roma. Merupakan kelompok pendukung Inter yang berbasis di kota Roma).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar